Pengertian FINANCIAL CONSULTANT



Financial Consutant adalah salah satu profesi di bidang keuangan yang dapat memberikan informasi keuangan, merencanakan keuangan, merealisasikan perencanaan, hingga mengawalnya sampai usai. Awalnya sebutan seorang Financial Consultant adalah konsultan keuangan di bidang asuransi. Namun kini, seorang Financial Consultant akan selalu menggunakan asuransi dan investasi dalam merencanakan keuangan customer. Nah, bagaimana dengan sebutan Financial Planner atau perencana keuangan yang menjadi trendy di kalangan profesi keuangan belakangan ini ? 
Financial planner (Perencana Keuangan) kini merupakan sebutan profesi yang mulai populer di gunakan di lembaga keuangan seperti perbankan, asuransi, maupun asset management. Sehingga sebutan Financial Planner atau perencana keuangan juga dapat digunakan oleh seorang Financial Consultant atau konsultan keuangan. Pembauran ini tidak hanya dalam sebutan profesi, namun juga terjadi pada produk produknya. Sangat banyak kita jumpai di bisnis perbankan juga menjual produk asuransi maupun produk asset management. Inilah wujud keterkaitan satu dengan yang lainnya. Sehingga dalam merencanakan keuangan pasti menggunakan ketiga lembaga tersebut sesuai kebutuhan dan skala prioritas masing masing.

Dalam konsep Financial, di sebutkan beberapa pengelompokan yaitu pertama Liquid Money yang

lebih menekankan pada ketersediaan dana yang cepat dan mudah pada saat dibutuhkan. Bahkan untuk kepentingan bisnis akan sangat membantu kemudahan dan kecepatan bertransaksi. Semua layanan Liquid Money ini tersedia di dunia perbankan. Kedua adalah Secure Money yang disediakan oleh lembaga asuransi, di mana lebih memprioritaskan pada langkah pengamanan nilai dan jumlah uang di masa depan terhadap berbagai resiko kehidupan maupun resiko financial. Upaya pengamanan ini dilakukan setelah seluruh kebutuhan dana darurat terpenuhi (dalam hal ini liquid money yang di simpan di Bank). Ketiga adalah Gain Money yang memprioritaskan pada tujuan untuk mendapatkan keuntungan berlipat dari modal yang disetorkan. Capital Market memberikan ruang berinvestasi dengan pilihan resiko tertinggi untuk peluang hasil tertinggi, resiko sedang untuk hasil yang sedang, dan seterusnya. Pilihan portfolio akan memberikan tingkat resiko yang berbanding lurus dengan peluang hasil atau return. Layanan ini sangat memungkinkan kita peroleh di lembaga Asset Management.

Ketiga pengelompokan ini merupakan faktor dominan yang harus di pertimbangkan oleh setiap customer dalam merencanakan keuangan. Adalah pilihan customer untuk menentukan apakah menggunakan satu kelompok untuk satu tujuan atau satu kelompok untuk beberapa tujuan. Ini sangat ditentukan oleh kondisi dan skala prioritas masing masing pada saat itu. Karena apapun pilihan customer, sesungguhnya telah mengandung ketiga tujuan tersebut. Saran : untuk maksud mengoptimalkan pencapaian tujuan, sangat perlu untuk memilih satu kelompok untuk satu tujuan. Hal ini akan semakin jelas kemana dana kita investasikan? pilihannya : Bank, Asuransi, atau Asset management.

Liquid Money yang disediakan di lembaga perbankan memberikan banyak sekali kemudahan dan kecepatan. Ketersediaan ATM sangat memudahkan customer dalam mengambil dana saat di butuhkan. Sekarang tranfer juga akan langsung di terima sekarang juga oleh penerima di seberang sana. Sehingga dalam kondisi darurat, customer tidak perlu khawatir. Dalam waktu yang singkat, permasalahan customer akan terselesaikan dengan berbagai fasilitas dan layanan perbankan. Ketersediaan dana cadangan dalam jumlah tertentu akan menjadi sangat penting untuk dilakukan. Besarnya dana disesuaikan oleh seberapa besar kebutuhan dasar atau pengeluaran atau standard hidup keluarga setiap bulannya, mungkin 3 kali pengeluaran sebulan, 6 kali pengeluaran sebulan, dan seterusnya. Semakin banyak dana darurat disiapkan tentunya akan semakin aman. Namun pilihan tersebut bisa jadi bukan pilihan terbaik. Saran : siapkanlah seaman yang customer dan keluarga dapat tolerir. Sehingga selebihnya customer dapat mempersiapkan kebutuhan dengan tujuan yang lainnya.
Secure Money yang terdapat di lembaga asuransi memiliki perhitungan yang cukup detail dengan berbagai pilihan program yang disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan customer. Pastikan anda memiliki Agen yang dapat memberikan perencanaan yang objektif, bukan subjektif. Tidak menutup kemungkinan tujuan pribadi seorang agen akan mengalahkan tujuan customer. Hal tersebut akan sangat merugikan customer dan juga para rekan seprofesi yang memang sungguh sungguh memberikan perencanaan yang objektif. Saran : membuka diri untuk menjalin hubungan komunikasi jangka panjang dengan beberapa agen asuransi yang profesional dan berkomitmen, seraya mengamati kinerja dan tanggung jawabnya pada customer dan calon customer.
Berapa besar proteksi yang sebaiknya dimiliki customer? Tentukan terlebih dahulu, seberapa besar tanggung jawab customer dalam jumlah nominal yang harus di penuhi ke depan. Misal : customer adalah seorang ayah yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan bulanan keluarga sebesar Rp. 10 juta atau Rp. 120 juta per tahun, maka proteksi dalam bentuk uang pertanggungan yang diperlukan adalah Rp. 1,2 miliar. Ketika terjadi resiko, dana proteksi yang diterima dan di investasikan kembali dengan return 10% per tahun, tentu akan memberikan income Rp. 120 juta per tahun atau Rp. 10 juta per bulan. Hal ini akan dapat menjaga standar hidup keluarga customer selanjutnya dengan sangat aman. Cinta customer pada keluarga menjadi abadi dan bermanfaat sepanjang masa oleh anak cucu. Demikian juga halnya dengan kebutuhan asuransi pendidikan. Di mana kebutuhan customer untuk besarnya dana pendidikan harus mempertimbangkan besarnya inflasi dan faktor pembagi untuk menentukan berapa besar dana yang harus ditabung untuk jangka waktu tertentu, sehingga perencanaan itu menjadi objektif dan akurat. Rencana menabung selama 10 tahun akan membayar lebih kecil daripada rencana menabung selama 5 tahun. Berapa lama waktu dan besarnya dana yang sesuai untuk anda?

Gain Money yang tersedia dalam layanan capital market oleh lembaga Asset Management akan sangat dominan membahas sisi investasi secara utuh. Hukum investasi yang linier atau berbanding lurus akan berlaku di sini, High Risk High ReturnLow Risk Low Return dan tidak ada garansi untuk mendapatkan hasil tertentu, kecuali untuk pilihan portfolio dengan fix return. Pilihan investasi di sini harus mempertimbangkan tingkat resiko yang bisa di tolerir dan siap diterima kemudian. Selanjutnya, penyikapan terhadap analisa fundamental maupun analisa teknikal akan sangat menentukan besar kecilnya kinerja investasi. Pastikan customer dapat memilih consultant ataupun perusahaan asset management yang benar-benar dapat menjaga dana dan pertumbuhan investasi serta mengkomunikasikannya secara berkelanjutan. Karena efektifitas dan kinerja investasi akan terukur dari seberapa besar rata-rata return yang di peroleh per- tahunnya. Saran : untuk melakukan penyebaran resiko secara bijak melalui pilihan berbagai portfolio, lembaga pengelola, maupun konsultannya. Karena kata bijak menyebutkan : ” Jangan meletakan telur dalam satu keranjang”.
Pilihan investasi sangatlah beragam, baik di sektor riil maupun di sektor keuangan. Untuk sektor keuangan, program perencanaan keuangan sangat diperlukan oleh setiap keluarga ataupun seseorang dalam menentukan arah, target, dan cara mencapai tujuan kehidupan di masa depan. Langkah persiapan tersebut harus dilakukan dengan mencari berbagai informasi yang akurat dari sumber yang profesional. Jangan sampai informasi yang diterima adalah isu, rumor atau pendapat yang tidak bertanggung jawab, tentunya akan menyesatkan customer dalam mengambil keputusan terbaik. Pastikan pilihan customer juga akan dikelola oleh lembaga berkompeten dan di dampingi seterusnya oleh konsultan yang berkomitmen jangka panjang. Jangan ragu untuk memastikan semua itu, berinvestasilah untuk sesuatu yang terbaik. Dengan demikian, pilihan investasi terbaik anda akan memastikan anda menjalani kehidupan yang bahagia dan sejahtera bersama keluarga.

6 comments: